cover
Contact Name
M. Hidayat
Contact Email
tetta01file@gmail.com
Phone
+6285338483050
Journal Mail Official
jurnalistiqra@uindatokarama.ac.id
Editorial Address
Jln. Diponegoro No 23 Bumi Bahari Palu, Sulawesi Tengah
Location
Kota palu,
Sulawesi tengah
INDONESIA
ISTIQRA: JURNAL HASIL PENELITIAN
ISSN : 2338025X     EISSN : 24771759     DOI : https://doi.org/10.24239/ist.v10i2
Jurnal Istiqra berfokus pada hasil penelitian teoritis dan empiris dibidang Humaniora, Pendidikan, Hukum, Manajemen dan Kajian Islam. Ruang lingkup kajian dalam jurnal Istiqra meliputi hasil eksplorasi pandangan alternatif, kritik dan rekonseptual khususnya yang berkaitan dengan tema Humaniora, Pendidikan, Hukum, Manajemen dan Kajian Islam.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol. 11 No. 1 (2023): Januari - Juni 2023" : 10 Documents clear
PENDIDIKAN KARAKTER DALAM FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM Liza Handayani Batu Bara; Kamaluddin Tajibu
ISTIQRA Vol. 11 No. 1 (2023): Januari - Juni 2023
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UIN Datokarama Palu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24239/ist.v11i1.1649

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami implementasi pendidikan karakter dalam filsafat pendidikan Islam, penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan library research, metode pengumpulan data dengan cara dokumentasi yakni dengan mengumpulkan buku. Dari data yang dikumpulkan maka hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pendidikan karakter dalam perspektif filsafat pendidikan Islam diimplementasikan ke dalam desain kurikulum dengan menggunakan beberapa metodologi yaitu Pertama, Metode Teladan. Kedua, Metode Kisah-kisah. Ketiga Metode Nasihat. Keempat Metode Pembiasaan. Kelima Metode Hukun dan Ganjaran. Keenam Metode Ceramah (Khutbah). Dan Ketujuh Metode Diskusi. Metode ini juga diperhatikan oleh Al-Quran dalam mendidik dan mengajar manusia dengan tujuan lebih memantapkan pengertian, dan sikap pengetahuan mereka terhadap suatu masalah
MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM DI MA AL-IRSYAD LALONGGASUMEETO KABUPATEN KONAWE Muh Khrisman; Sitti Mania; Safei
ISTIQRA Vol. 11 No. 1 (2023): Januari - Juni 2023
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UIN Datokarama Palu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24239/ist.v11i1.1810

Abstract

Salah satu model pembelajaran yang berkualitas adalah model pembelajaran quantum, model pembelajaran tersebut dapat memberikan bekal pengetahuan kepada peserta didik. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami bagaimana model pembelajaran quantum yang diterapkan di MA Al-Irsyad Lalonggasumeeto Kabupaten Konawe. Peneltian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi, sedangkan analisis data yang digunakan adalah teknik reduksi data, display data, pengecekan keabsahan data melalui triangulasi kemudian penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran quantum yang diterapkan oleh guru dapat menikatkan kualitas pembelajaran peserta didik di Madrasah Al-Irsyad Lalonggasumeeto Kabupaten Konawe. sekaligus dapat memberikan solusi penyebab utama rendahnya kualitas pembelajaran di Madrasah Al-Irsyad Lalonggasumeeto Kabupaten Konawe, sehingga prestasi belajar dari setiap peserta didik dapat di tingkatkan, seiring meningkatnya prestasi peserta didik maka meningkat pula prestasi seorang guru dalam menyusun perencanaan atau pola yang digunakan dalam melakukan pembelajaran meningkatnya prestasi tersebut berbanding lurus dengan kemampuannya dalam menfaatkan teknologi dalam proses pembelajaran di MA Al-Irsyad Lalonggasumeeto Kabupaten Konawe
EVALUASI PROGRAM MENTORING KEISLAMAN DI SDIT AL QALAM KOTA MAKASSAR Muthmainnah
ISTIQRA Vol. 11 No. 1 (2023): Januari - Juni 2023
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UIN Datokarama Palu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24239/ist.v11i1.1818

Abstract

Penelitian ini menjelaskan permasalahan Evaluasi Program Pendampingan Agama Islam di SDIT Al Qalam Makassar dengan menggunakan model evaluasi CIPP. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, data ini bersumber dari pendampingan dan dokumen. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengolahan data dan analisis data yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan yaitu: 1) membangun kesadaran dan kemampuan peserta didik tentang pentingnya berkepribadian Islami dan berkepribadian dakwah, 2) menumbuhkan penghayatan peserta didik terhadap kitab suci Al-Qur'an, hadits, fatwa, dan karya para ulama, 3) menumbuhkan pemahaman siswa terhadap diri sendiri, keluarganya, umat Islam dan entitas bangsa Indonesia dalam perspektif Islam dan 4) menumbuhkan kesadaran pada peserta didik sebagai bagian dari bangsa Indonesia yang memiliki rasa bangga dan cinta tanah air, berempati dan berperilaku toleran yang dapat diimplementasikan dalam berbagai bidang kehidupan bermasyarakat dan berbangsa. Penelitian ini merekomendasikan strategis dalam meningkatkan program pendampingan di SDIT Al Qalam Makassar, yaitu: 1) pihak-pihak terkait sebaiknya melakukan rekrutmen mentor yang terbuka bagi seluruh pendidik/guru di SDIT Al Qalam Makassar, 2 ) pelaksanaan pendampingan perlu ditinjau kembali terkait dengan waktu pelaksanaannya, 3) perlunya inovasi pelaksanaan pendampingan salah satunya terkait dengan tempat pelaksanaan pendampingan, 4) perlunya surat keputusan dalam rangka untuk menunjuk seorang mentor.
PEMBINAAN AKHLAK PESERTA DIDIK DI SD RUNIAH SCHOOL MAKASSAR Fahrul Rahman; Muhammad Amri; Muhammad Nur Akbar Rasyid
ISTIQRA Vol. 11 No. 1 (2023): Januari - Juni 2023
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UIN Datokarama Palu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24239/ist.v11i1.1858

Abstract

Kedudukan akhlak dalam kehidupan masyarakat menempati posisi penting, sebab jatuh bangunnya suatu masyarakat tergantung kepada akhlak yang dimiliki, jika akhlaknya baik, maka sejahterahlah lahir dan batinnya. Tetapi, jika akhlaknya rusak, maka akan rusak pula kehidupan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pembinaan akhlak di SD Runiah School Makassar seperti pembiasaan, keteladanan guru dan pemberian nasehat kepada peserta didik. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif, dengan pendekatan fenomenologi. Adapun metode pe­ngumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Sementara itu, uji keabsahan data yang digunakan adalah derajat kepercayaan (credibility). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada pembiasaan di SD Runiah School Makassar adalah membiasakan peserta didik untuk melakukan hal-hal yang positif baik didalam maupun diluar kelasnya. Kemudian keteladanan guru kepada peserta didik di SD Runiah School Makassar adalah memberi salam kepada peserta didik, melaksanakan sholat berjamaah, dan lain sebagainya. Selanjutnya pemberian nasehat di SD Runiah School Makassar adalah pemberian nasehat kepada peserta didik di dalam maupun diluar kelas berupa nasehat yang bermakna.
MINAT PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KABUPATEN LABUHANBATU UTARA Dedi Sahputra Napitupulu; Mahariah; Annisa Okatafera; Dwi Yudha Lesmana; mutia salwa; Siti Rabiatul Adawiyah
ISTIQRA Vol. 11 No. 1 (2023): Januari - Juni 2023
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UIN Datokarama Palu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24239/ist.v11i1.1678

Abstract

ABSTRAK Minat merupakan suatu keinginan yang memotivasi siswa untuk mengikuti pembelajaran, minat sangat berpengaruh terhadap tujuan siswa di masa yang akan datang, dengan adanya minat siswa akan membangun berbagai keinginan, untuk mencapai keinginan tersebut di masa yang akan datang. Sedangkan PAI adalah pembelajran yang mempelajari tentang kehidupan sehari-hari dengan berpedoman terhadap Alquran dan Hadis, pembelajaran PAI saat ini sangat berkembang di sekolah MI, MTS, MA bahkan banyak sekolah yang lebih mengutamakan pembelajaran PAI dibandingkan dengan pembelajaran pada umumnya, dari beberapa sekolah yang telah di survei, guru pembelajaran PAI menggunakan medote ceramah dan ada beberapa guru yang sudah menggunakan metode audio visual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat siswa MTS terhadap pembelajaran PAI khususnya pada era PAI saat ini.
KEMAMPUAN SOSIAL GURU BAHASA ARAB MADRASAH ALIYAH NEGERI KOTA PALANGKARAYA Nurul Aisyatul Ridha; Ahmadi; Marsiah; Nurul Wahdah
ISTIQRA Vol. 11 No. 1 (2023): Januari - Juni 2023
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UIN Datokarama Palu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24239/ist.v11i1.1868

Abstract

Peran seorang guru dalam proses belajar menempati posisi yang sangat penting dalam meningkatkan kemampuan dari peserta didiknya, untuk itu dibutuhkan sebuah keterampilan dan salah satunya adalah keterampilan sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami keterampilan sosial pada guru bahasa Arab di Madrasah Aliyah Negeri Kota Palangka Raya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, yang memerlukan pencarian informasi yang dapat diinterpretasikan dengan benar. Berdasarkan hasil olah data yang dilakukan menyimpulkan bahwa pengajar bahasa Arab di Madrasah Aliyah Negeri Kota Palangka Raya sangatlah mahir bersosialisasi. berinteraksi dan komunikasi. kepada sesama guru, kepala madrasah, wali murid, dan lingkungan sekitar madrasah. Dari penjelasan tersebut, dapat dipahami bahwa guru bahasa Arab di Madrasah Aliyah Negeri Palangka Raya Kota telah menerapkan keterampilan sosial dalam proses pembelajaran dengan bersikap inklusif, tidak memihak, dan tidak melakukan diskriminasi kepada siapapun seperti jenis kelamin, agama, ras, kondisi fisik, latar belakang keluarga, dan status sosial ekonomi peserta didik
KETERLIBATAN PESERTA DIDIK DALAM PEKERJAAN ORANG TUA DI MIS WORA KEC. WERA KAB. BIMA Roswati; Syahruddin Usman; Ulfiani Rahman; Muhammad Nur Korompot
ISTIQRA Vol. 11 No. 1 (2023): Januari - Juni 2023
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UIN Datokarama Palu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24239/ist.v11i1.1985

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meperoleh gambaran keterlibatan peserta didik MIS Wora Wera dalam pekerjan orangtua, adapun jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan metode analisis kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian, analisis data bersifat kuantitatif atau statistik. Adapun Jenis penelitian adalah korelasi yang disesuaikan dengan tujuan peneliti dengan menghubungkan kausal serta korelasi antara variabel bebas keterlibatan peserta didik dalam pekerjaan orangtua dan variabel terikatnya minat belajar dan hasil belajar PAI dan budi pekerti. Dari hasil analisis statistic deskriptif diperoleh rata-rata hasil belajar mata pelajaran PAI dan budi pekerti pada peserta didik kelas III yang berjumlah 20 orng sebesar 76.4; 77.25 dan 77.4 dan standar deviasi 3.32; 4; dan 3.3, di kelas IV dengan jumlah pesrta didik 20 orang rata-rata hasil belajar mata pelajaran PAI dan budi pekerti mencapai 77; 77.5; dan 76 dengan standar deviasi 7.07; 6.25; dan 4.242. Pada kelas V dengan jumlah peserta didik sebanyak 22 orang rata-rata hasil belajar mata pelajaran PAI dan budi pekerti adalah 78.59; 79.05; dan 78.82 dengan standar deviasi 6.25; 6.67; dan 6.48. Adapun nilai korelasi ( ) keterlibatan peserta didik dalam pekerjaan orangtua adalah 0.875 pada taraf signifikan 5% diperoleh sebesar 0.250 dengan demikian hal ini berarti ditolak yang artinya terdapat korelasi keterlibatan peserta didik dalam pekerjaan orangtua. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara keterlibatan peserta didik dalam pekerjaan orangtua dengan minat dan hasil belajar pendidikan agama Islam dan budi pekerti di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Wora Kecamatan Wera Kabupaten Bima
REGULASI DIRI, EFIKASI DIRI DAN PROKRASTINASI SANTRI PONDOK PESANTREN AL-IMAM ASHIM MAKASSAR DALAM MENGHAFAL ALQURAN Abdul Rajab Sulaiman; Saprin; Wahyuni Ismail
ISTIQRA Vol. 11 No. 1 (2023): Januari - Juni 2023
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UIN Datokarama Palu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24239/ist.v11i1.1994

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat hubungan self-regulation dan self-efficacy dengan prokrastinasi akademik dalam menghafal Al-Qur'an santri Pesantren Al-Imam Ashim Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah ex post facto dengan metode kuantitatif. Dengan jumlah sampel 51. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner. Analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif dan inferensial sederhana dan berganda. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata tingkat self-regulation sebesar 60,7 dan berada pada kategori interval kelas baik. Nilai rata-rata pada tingkat efikasi diri adalah 37,05 dengan kategori sedang. Nilai rata-rata pada tingkat prokrastinasi adalah 37,62 dengan kategori rendah. Hasil analisis regresi sederhana dan berganda menandakan ada hubungan antara self-regulation dengan self-efficacy, dengan nilai r-hitung lebih besar dari r-tabel yaitu 0,358 dan 0,279 dengan signifikansi 0,05, selanjutnya hubungan yang berlawanan antara self-efficacy. regulasi dan penundaan. Nilai uji hipotesis r-hitung lebih kecil dari r-tabel yaitu -0,470 dan 0,279 dengan signifikansi 0,003 < 0,05. Kemudian hubungan antara self-efficacy dan penundaan yang berlawanan. Nilai uji hipotesis rhitung = -0,665 rtabel = 0,279 dengan signifikansi 0,001 < 0,05 maka diterima. Ada hubungan antara regulasi diri, efikasi diri secara bersama-sama dengan prokrastinasi, dengan nilai 0,529 dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Implikasi dari penelitian ini adalah prokrastinasi santri dalam menghafal Al-Quran di Pondok Pesantren Al-Imam Ashim Makassar dapat ditekankan dengan meningkatkan self-regulation berdasarkan teori yang dikaji dalam penelitian ini. Kemudian prokrastinasi santri dalam menghafal Al Quran di Pondok Pesantren Al-Imam Ashim Makassar, juga dapat ditekankan dengan peningkatan efikasi diri berdasarkan teori yang dikaji dalam penelitian ini
REKONSTRUKSI LITERATUR SISTEM POLITIK DAN NEGARA IBNU TAIMIYAH Zubair Rahman Saende; Lomba Sultan; Asni
ISTIQRA Vol. 11 No. 1 (2023): Januari - Juni 2023
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UIN Datokarama Palu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24239/ist.v11i1.2048

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pemikiran politik Ibnu Taimiyah dalam sejarah politik Islam dan implikasinya terhadap pemikiran politik Islam saat ini. khususnya setting sosial yang membentuk dasar pemikiran Ibnu Taimiyah tentang sistem politik dan negara yang ditawarkan Ibnu Taimiyah, dan apakah teorinya masih relevan dengan kondisi sosial politik saat ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan, adapun pendekatan yang digunakan ialah hitoris-kritis-filosofis, selanjutnya sumber data dalam penelitian adalah data primer dan skunder. Berdasarkan data yang telah dikumpulkan dan dianalisi kesimpulan dari penelitian ini munjukkan bahwa Ibnu Taimiyah dengan keberaniannya menghapus/menolak sistem kepemimpinan khilafah dan imamah, dengan tesisnya bahwa rezim yang dijunjung tinggi oleh nabi adalah rezim nubuwwah dan bukan imamah, sedangkan imamah baru yang ada setelah nabi wafat menunjukkan bahwa ia memiliki ide-ide revolusioner dan pembaharuan. Dia tidak ingin orang hanya menjadi objek di suatu negara, tetapi dia ingin orang menjadi subjek negara. Bagi Ibnu Taimiyah, mekanisme/sistem pengangkatan kepala negara tidak terlalu penting, yang penting orang yang menduduki jabatan itu harus benar-benar amanah dan adil. Ibnu Taimiyah mensyaratkan dua hal bagi seorang kepala negara, yaitu memiliki kualifikasi kekuatan (al-quwwah) dan integritas (al-amanat). Kekuatan dan integritas diperoleh melalui mubaya'ah (sumpah setia) yang diberikan oleh ahl al-Syawkah
APLIKASI QUIZIZZ DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR ISLAM ATHIRAH KOTA MAKASSAR Albar; Safei; M. Hidayat
ISTIQRA Vol. 11 No. 1 (2023): Januari - Juni 2023
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UIN Datokarama Palu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24239/ist.v11i1.2140

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Pengaruh penggunaan aplikasi Quizizz terhadap hasil belajar peserta didik di SD Islam Athirah Racing Center Kota Makassar. dan Mendeskripsikan hasil belajar peserta didik di SD Islam Athirah Racing Center Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode ex post facto. dan teknik pengumpulkan data menggunakan intrument angket dan format dokumentasi yang dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan infrensial dengan melakukan uji F. Berdasarkan analisis statistik deskriptif yang dilakukan menunjukkan persentasi jumlah peserta didik laki-laki sebanyak 36.6% dan perempuan sebanyak 63.4%. kemudian persamaan regresi diperoleh Ý = 9.292+ 0.002X. Persamaan tersebut menunjukkan hasil belajar peserta didik akan bertambah 0.002 satuan, dan apabila terjadi penurunan satu satuan media pembelajaran maka hasil belajar peserta didik akan berkurang sebesar 0.0002. Koefisien regresi determinasi sebesar 0.662, yang mengandung makna bahwa 66.2% hasil belajar dipengaruhi oleh media pembelajaran, sedangkan 33.8% dipengaruhi oleh faktor lain, diantaranya; kecerdasan intelektual, sarana dan prasarana, metode dan model yang digunakan oleh pendidik, dan suasana belajar. Koefisien bernilai positif berarti hubungan antara media pembelajaran dan hasil belajar semakin meningkat. Dari hasil uji signifikan diperoleh nilai signifikan 0,000. Nilai signifikansi < 0,05 (0,000 < 0,05), maka diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar peserta didik dalam pelajaran Pendidikan Agama Islam SD Islam Athirah Racing Center Kota Makassar.

Page 1 of 1 | Total Record : 10